Batu Bara

Bapenda Batu Bara Gelar Monitoring Dan Evaluasi Digitalisasi PBB-P2

Avatar photo
×

Bapenda Batu Bara Gelar Monitoring Dan Evaluasi Digitalisasi PBB-P2

Sebarkan artikel ini

Batu Bara | Delinews24.net – Rabu, 5 Juni 1924, Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Batu Bara menyelenggarakan acara penting dengan judul “Pengawasan dan Evaluasi Penilaian PBB-P2 serta Rapat Tim Penetapan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).”

Kegiatan tersebut diadakan di Aula Kantor Bupati Kecamatan Lima Puluh dan dihadiri oleh berbagai pihak yang terkait untuk membahas peningkatan dan optimalisasi penilaian Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), serta pengembangan digitalisasi di wilayah.

Nizhamul, SE.M.M., Penjabat Bupati Batu Bara (Pj.), bersama dengan Sekretaris Daerah dan Asisten Administrasi Umum, membuka acara secara langsung.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Nizhamul menekankan pentingnya kegiatan ini dalam upaya meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas pengelolaan pajak daerah.

Tujuan dari pemantauan dan evaluasi PBB-P2 ini adalah untuk memastikan bahwa penilaian pajak dilakukan dengan adil dan sesuai dengan keadaan sebenarnya di lapangan.

Nizhamul menyatakan bahwa peningkatan kualitas penilaian PBB-P2 akan berdampak langsung pada pendapatan daerah, yang pada akhirnya akan digunakan untuk pembangunan dan pelayanan masyarakat.

Perwakilan dari berbagai lembaga, seperti Wajib Pajak Perusahaan, OPD Pengelola Retribusi, perwakilan dari PT. Bank Sumut, para Camat dan Kepala Desa, Tim TP2DD, dan kolektor Desa, hadir di acara tersebut. Kehadiran berbagai pihak ini menunjukkan bahwa mereka semua bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Selain membahas PBB-P2, pertemuan itu juga membahas digitalisasi daerah melalui Tim Penetapan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Kehadiran berbagai pihak ini menunjukkan bahwa mereka semua bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Selain membahas PBB-P2, pertemuan itu juga membahas digitalisasi daerah melalui Tim Penetapan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD). Diharapkan digitalisasi ini akan membuat masyarakat lebih mudah mendapatkan layanan publik, seperti pembayaran pajak dan retribusi secara online.

Perwakilan PT. Bank Sumut memberikan paparan tentang teknologi dan sistem yang akan mendukung program digitalisasi. Kegiatan ini juga menjadi ajang bagi berbagai pihak untuk berbicara dan memberikan masukan tentang pelaksanaan PBB-P2 dan digitalisasi daerah.

Perwakilan dari Bank Sumut, OPD Pengelola Retribusi, dan Wajib Pajak Perusahaan memberikan perspektif dan pengalaman mereka tentang cara menerapkan sistem yang ada.

Untuk memastikan bahwa kebijakan yang dibuat dapat diterapkan dengan baik dan efisien, para camat dan kepala desa turut melaporkan kondisi di lapangan serta kendala yang dihadapi dalam penilaian PBB-P2.

Acara Monitoring dan Evaluasi Penilaian PBB-P2 dan Rapat TP2DD ini berakhir dengan komitmen bersama untuk memperluas digitalisasi daerah dan meningkatkan kualitas penilaian pajak.

Diharapkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih baik di Kabupaten Batu Bara dapat dicapai melalui kolaborasi dan sinergi antara pemerintah daerah, masyarakat, dan perusahaan swasta.

Penjabat Bupati Nizhamul mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu kegiatan ini. Dia juga berharap hasil pemeriksaan dan evaluasi ini segera diterapkan untuk kemajuan Kabupaten Batu Bara.

Mandailing Natal | Delinews24.net –  PBB merupakan salah satu sumber pendapatan Negara, dengan membayar pajak, kita telah membantu ikut berpartisipasi menyukseskan pembangunan. Hal itu diungkapkan Camat Panyabungan, Miswar Husin Pulungan…