Batu BaraHeadline

Proyek Drainase PUTR Batu Bara di Duga Korup Anggaran. LSM KCBI Segera Surati APH

Avatar photo
×

Proyek Drainase PUTR Batu Bara di Duga Korup Anggaran. LSM KCBI Segera Surati APH

Sebarkan artikel ini
Plank proyek pembangunan PUTR di Batu Bara
Plank proyek pembangunan PUTR di Batu Bara

Pemerintah Kabupaten Batu Bara merealisasikan pembangunan drainase keliling didepan kantor Bupati Batu Bara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang di Kec Lima Puluh Kab Batu Bara Sumatera Utara, patut di pertanyakan. Kamis (21/03/2024)

Pasalnya pembangunan drainase keliling dengan No. Kontrak 2589676/PK/PPK/SP/DPUTR-BB/2023 sebesar nilai kontrak Rp 1.374.576.977,94 dan masa pelaksanaan selama 145 hari serta pelaksana dan atau penyedia Cv. Cakra Mandiri Kontruksi, tidak transparansi volume yang dikerjakan.

Menurut laman papan informasi kegiatan dilokasi pembangunan tersebut hanya mencantumkan Volume 1 (satu) paket.

Nah, mengapa ini dipertanyakan? Menurut keterangan Ketua Pimpinan Cabang Lembaga Swadaya Masyarakat Kemilau Cahaya Bangsa Indonesia (PC LSM KCBI) Kabupaten Batu Bara, Agus Sitohang mengatakan Dinas PUTR tidak mencantumkan ketransparansian ke publik, terkait Volume PxLxT pada papan informasi bangunan drainase!! hanya saja mencantumkan volume satu paket.

Dia meminta Dinas PUTR agar memahami arti dari keterbukaan informasi publik (KIP) yang notabenya sudah diatur dalam undang-undang.

Penilaian LSM KCBI permainan ini sangat kental dengan permainan lama, apalagi tata susunan kegiatan, vol, no.kontrak dan nilai kontrak maupun pelaksana dugaan modus papan informasi.

Namun Hal ini tidak cukup sampai disini, LSM KCBI segara melalukan laporan resmi ke APH, cetusnya.

Guna lebih jelas progres kegiatan pekerjaan drainase keliling, ini jawaban Pejabat Pembuat Komitmen (PPK-DPUTR) Batu Bara Fikri H. H, S.T memberikan keterangan Uraian singkat pekerjaannya ;

Pekerjaan persiapan dilakukan penyedia baik mobilisasi dan demobilisasi peralatan yang disediakan oleh calon penyedia sesuai dengan harus dalam kondisi baik.

Pekerjaan galian tanah dilakukan secara manual dengan menggunakan cangkul sekop pengki dan kereta sorong, dalaman galian rencana sesuai dengan gambar rencana yang akan dilakukan.

Pekerjaan beton, pekerjaan bekisting dibentuk sesuai dengan dimensi dinding, bekisting terlebih dahulu didesain dengan minya bekisteng dipaku.

Pekerjaan Crosingan galian dilakukan dengan dimensi pada gambar, setelah pekerjaan crosingan dilakukan pengadaan gorong-gorong sesuai dengan ukuran yang tercantum pada daftar kualitas, dan pekerjaan sumur resapan bak galian serta urugan tanah kembali.

Pekerjaan Cover Slab dikerjakan pembuatan bekisting dan pekerjaan besi untuk cover slab sesuai dengan gambar dan dilanjutkan pekerjaan K.175 setelah pekerjaan pembautan drainase, maka dilakukan pekerjaan pembersihan semua material, ungkap PPK PUTR.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Batu Bara Kurniawati dikonfirmasi tidak menjawab chatan yang dikirim oleh sipengirim. (Staf07)