Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
WISATA

Potensi Wisata Desa Lau Damak- Bahorok Yang Terpendam

27
×

Potensi Wisata Desa Lau Damak- Bahorok Yang Terpendam

Share this article

Desa Lau Damak Miliki 16 Gua

Desa yang berdampingan dengan Dusun Batu Katak ini disebutkan Ngemat Ginting memiliki 16 gua besar dan kecil. Gua yang ditemukan itu, kata Ngemat, saat ini sering dieksplor oleh mahasiswa dari UGM dan USU.

Masing-masing gua besar yang kerap dijadikan wisata yakni, Gua Air, Gua Patu (Batu) Rijal, Gua Pintu Angin, Gua Palong-long, dan gua kecil salah satunya Gua Harimau. Selain gua, Desa Lau Damak juga memiliki pemandian alam yang diberi nama Sungai Berkail.

Untuk menuju gua-gua itu, pengunjung harus tiba di Kelurahan Pekan Bahorok dan masuk ke Dusun Tanjung Naman. Dari Tanjung Naman, pengunjung dapat mengendarai roda empat hingga jarak 6 kilo meter.

Kemudian, lanjut Ngemat Ginting, pengunjung akan menemui jalan setapak dengan jarak tempuh sekitar 3 kilo meter. “Jarak tempuh keseluruhan dari Tanjung Naman menuju gua mencapai 9 kilo meter. Enam kilo meter bisa diakses mobil dan 3 kilo meter lagi hanya jalan setapak,” bebernya.

Ketika sampai di tujuan, sebut Ngemat, gua pertama kali yang ditemui adalah Gua Palong-long. Berjarak 200 meter berikutnya ditemui Gua Pintu Angin, 200 meter lagi ada Gua Batu Rijal dan sekitar 150 meter ditemui Gua Air.

Example 120x600