Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pendidikan

Lomba lp3 Pramuka gerakan PASTI antar pondok pesantren ditutup ketua BSPSU

8
×

Lomba lp3 Pramuka gerakan PASTI antar pondok pesantren ditutup ketua BSPSU

Share this article

Delinews24.net -600-an Pramuka berbaris rapi di lapangan pesantren Fajrul Iman, mendengarkan pidato penutupan lomba LP3 dari Ketua UMUM BPSU (Badan Silaturahmi Pesantren Sumatera Utara) Yulizar Parlagutan. (Sabtu, 23/09/2023) di Desa Patumbak II.

Di ikuti 18 Pondok Pesantren

Acara lomba yang digagas Sako Gerakan PASTI (Pramuka Santri) berlangsung sejak tanggal 20 hingga 23 September 2023. Diikuti oleh anggota Pramuka dari 18 Pondok Pesantren yang ada di Wilayah Sumatera Utara. Yang terjauh datang dari Pondok Pesantren Al Hasimiyah Darul Ulum Pemadu Tapanuli Selatan.

Adapun kegiatan yang diperlombakan antara lain; Penjelajahan, pioneering, pidato bahasa arab, Inggris, Indonesia, teknik pesan Semapore, hingga penguasaan sandi-sandi.

PP Darul Ma’rifat boyong 3 gelar sekaligus

Ponpes Darul Ma’rifat borong tiga kategori lomba sekaligus, yaitu kategori Penggalang Putra dan Penegak Putra disusul dengan kategori Penegak Putri. Sedangkan Pondok Pesantren Ar-Raudatul Hasanah Medan keluar sebagai juara umum untuk kategori Penggalang Putri.

Dalam kesempatan tersebut, Bang Puli sapaan akrab Yulizar Parlagutan selaku Ketua BSPSU (Badan Silaturahmi Pondok Pesantren Sumatera Utara) mengatakan bahwa kegiatan silaturahmi antar pondok pesantren yang di kemas dalam lomba LP3 Pramuka Santri harus di laksanakan setiap tahunnya dengan tujuan memperkokoh Ukhuwah Hasanah dan membuktikan bahwa pondok pesantren harus bisa berbuat lebih untuk bangsa dan negara.

Yulizar Parlagutan, Ketua BSPSU
Yulizar Parlagutan, Ketua BSPSU

Lebih lanjut ia mengatakan agar Pesantren dapat membuat acara yang lebih meriah dari sekolah luar, karena pondok pesantren adalah sarana menempah diri menjadi berbagai macam profesi yang menjadi ahli dari diri kita.

Imam Sarianda, Ketua Panitia, setuju dan menambahkan bahwa PASTI akan terus mendukung pembangunan pondok pesantren, menjadikannya pilihan utama orang tua untuk pendidikan anak-anak di masa depan. Lomba perkemahan LP3 dihadiri oleh Babinsa Desa Patumbak II dan semua pembina dari 18 pondok pesantren di Sumatera Utara.

Example 120x600